INVITATION

Mengenal Invitation Card
Pada berbagai suku dan bangsa, seluk beluk mengundang itu disesuaikan dengan tatacara tertentu. Jika tatacara ini tidak diikuti, maka dapat menimbulkan rasa kurang enak bagi yang tersangkut di dalamnya. Dalam pergaulan antarbangsa, ketentuan yang berlaku perlu diperhatikan dan diikuti dengan cermat melalui invitation card (kartu undangan) ini. Agar tidak timbul salah paham dan tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan nama sebuah bangsa.



PERCETAKAN MURAH *ABSOGRAF SURABAYA
Whatsapp. 085785466715
PinBB. 2B007AA4 & 32825073
_____________________________
Office :
Jl. Lakarsantri IVe No. 61, Surabaya 60211, Jawa Timur - Indonesia
Tlp./Fax. : 031 91700093 / 031 7521424
Site : www.absografindonesia.com
Email : absolutegrafika@yahoo.com
Direct Call :
Esia. 03191700093
XL. 08179392497
Telkomsel. 085335727278
___________________________

Invitation Card Gaya Barat, Secara umum, pada acara undangan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu acara formal dan informal. Huruf-huruf pada invitation card formal biasanya huruf indah yang seolah diukir, pada invitation card informal lebih bebas dan tidak kaku. Acara pada invitation card formal dengan adat gaya barat, orang-orang yang masuk dalam daftar invitation card diminta mengenakan pakaian resmi. Permintaan itu dinyatakan dengan mencantumkan Dasi Hitam pada bagian bawah invitation card.
Dalam acara ini, ada pelayan yang juga berpakain resmi yang bertugas menyiapkan makanan di dapur dan yang melayani para tamu undangan. Biasanya, disajikan empat sampai lima tahapan (course) makanan dan tiga sampai empat kali penyajian anggur (minuman).
Ketentuan Umum Invitation Card
Pada dasarnya, undangan tidak harus melulu melalui surat atau kartu, melainkan dapat secara lisan atau melalui media elektronik online, seperti telepon selular,email, dan sebagainya. Semua bentuk undangan yang ada harus mengikuti tatacara tertentu. Invitation card bertindak sebagai perwakilan utusan antara tuan rumah yang mempunyai hajat dan tamu yang diundang.

Macam-Macam Invitation Card
Dengan melihat dari jenis invitation card yang disebar, kita dapat melihat acara apa yang akan dilaksanakan. Seperti pada acara pernikahan, invitation card yang disebar tentu akan bernuansa undangan yang sakral tentang perkawinan. Nuansa-nuansa dari invitation card ini menjadi ciri untuk membedakan jenis acara yang akan diselenggarakan.
Ada juga invitation card yang memberikan tanda khusus seperti pada acara undangan pesta-pesta yang bersifat informal. Sehingga dapat membedakan dan kemungkinan salah kostum yang dipakai akan terhindar.

Berikut ini beberapa macam invitation card.

1. Invitation Card Perkawinan
Invitation card ini diberikan kepada tamu undangan untuk mengharapkan kehadiran seorang tamu dalam perayaan perkawinan yang diselenggarakan. Biasanya, pada invitation card terdapat hiasan-hiasan sepasang merpati, foto pra-wedding dan nuansa alam yang mendukung invitation card agar terlihat menarik dan cantik. Apabila perayaan perkawinan tersebut diadakan di sebuah gedung. Biasanya, diberikan juga tambahan kartu untuk keterangan denah atau bisa juga denah tersebut dicetak di akhir atau belakang dari invitation card.

2. Invitation Card Ulang Tahun
Pada invitation card ulang tahun biasanya hiasan pada kartunya berupa gambar-gambar kue ulang tahun, badut, hiasan-hiasan dinding seperti balon, kertas warna, lilin, dan sebagainya. Invitation card ini dibuat semeriah dan semenarik mungkin. Ini karena biasanya yang menyebar invitation card ulang tahun adalah anak-anak yang masih belum dewasa.
Sementara pada usia beranjak dewasa hingga tua, biasanya invitation card hanya berupa pesan singkat (SMS), telepon atau email. Biasanya juga hanya diperuntukkan kepada kerabat dekat atau teman-teman dekat saja.

3. Invitation Card Khitan
Pada invitation card khitan biasanya diberikan gambar dan hiasan yang berhubungan dengan khitanan atau sunatan. Misalnya saja, seperti anak laki-laki kecil yang memakai peci dan sarung dengan wajah tersenyum. Undangan yang diberikan untuk kerabat jauh biasanya juga disertakan denah di dalam invitation card. Apalagi jika perayaan itu dilaksanakan di gedung.

4. Invitation Card Pesta Perpisahan
Invitation card pesta perpisahan biasanya diberikan kepada tamu-tamu yang ikut berkecimpung dalam suatu kegiatan tersebut. Misalnya saja acara perpisahan sekolah, acara perpisahan pramuka, acara perpisahan suatu organisasi yang bersifat sementara, dan sebagainya. Pada invitation card ini, hiasan dan gambar di dalamnya bersifat felsibel. Tergantung dari formal atau tidaknya suatu kegiatan tersebut.

5. Invitation Card Acara Lingkungan Setempat
Invitation card acara lingkungan diberikan kepada tamu undangan untuk wilayah lingkungan setempat. Acara ini biasanya bersifat semi-formal karena mereka mengadakan pertemuan tersebut guna membicarakan rapat atau rencana-rencana untuk lingkungan mereka.
Misalnya saja, rapat lingkungan RT, pertemuan karang taruna, persiapan perayaan tujuh belasan, dan sebagainya. Invitation card yang diberikan bersifat formal dan ringkas. Biasanya, hanya selembar kertas folio yang dibagi dua agar bentuk dari invitation card tersebut tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Anatomi Invitation Card
Keterangan yang terkandung pada invitation card menjadi bagian utama bagi para tamu untuk datang ke acara yang diselenggarakan tersebut. Apa jadinya bila keterangan tersebut tidak ada. Ttentunya para tamu akan bingung, di mana tempat diadakan acaranya? Hari atau tanggal berapa acara ini diselenggarakan? Dan sebagainya. Berikut bagian-bagian penting yang sebaiknya ada pada invitation card.

1. Nama dan Alamat Pengundang
Bagian ini penting pada invitation card. Ini karena menunjukkan siapa yang mengundang dan apabila ada kesalahan pada kartu undangan atau mempunyai urusan tersendiri, dapat mengonfirmasi orang yang mengundang dengan mendatangi alamat si pengundang. Selain itu, menunjukkan bahwa yang menyebar undangan memang benar-benar mengadakan acara tersebut.

2. Nama dan Alamat yang Diundang
Bagian ini yang terpenting, sebab pada bagian inilah yang merupakan tujuan dari invitation card itu disebarkan. Setiap tamu yang diundang dalam acara yang diselenggarakan, tentu saja nama dan alamatnya harus dicantumkan. Apalagi jika yang mengirim undangan tersebut memakai jasa kurir atau pos. Pada proses pemberian nama dan alamat tamu juga memudahkan si pengundang untuk mendata siapa saja yang telah masuk ke dalam daftar tamu yang diundang.

3. Waktu dan Tempat Acara
Hari, tanggal acara, jam pelaksanaan, dan tempat acara juga bagian yang penting untuk dicantumkan dalam invitation card. Ini akan memudahkan tamu undangan mengatur jadwal sehari-harinya untuk dapat hadir atau tidaknya pada acara tersebut.

4. Jenis Acara
Sebaiknya, beri informasi mengenai jenis acara yang akan diselenggarakan. Apakah formal, semiformal, atau nonformal.

5. Denah Lokasi Acara
Denah lokasi acara biasanya disertakan pada invitation card. Hal ini akan memudahkan bagi para tamu undangan yang tidak tahu atau tidak mengenal jalan menuju ke tempat acara tersebut berlangsung.

6. Souvenir
Souvenir yang disertakan pada invitation card sebenarnya adalah pilihan. Hanya saja, pada saat ini mulai banyak yang menyertakan souvenir di dalam invitation card. Mereka menggunakan cara ini agar para tamu undangan dapat menyempatkan diri untuk menghadiri acara yang akan berlangsung sesuai undangan dan souvenir yang telah diterima oleh para tamu undangan. Sehingga secara tidak langsung, tamu mau tidak mau "harus" datang ke acara undangan tersebut karena telah diberi souvenir berbarengan dengan invitation card.
Kalau dahulu, souvenir diberikan kepada tamu undangan yang menghadiri acara dari invitation card yang telah diberikan. Souvenir biasanya diberikan untuk jenis perkawinan.  
Update Harga Cetak